UX/UI Research. Mencari Tahu Feedback Pengguna Untuk Tampilan Web Yang Lebih Baik

Add caption


 Mendesign tampilan web ternyata tidak sama dengan kita mendesign karya seni yang lain

Ada beberapa hal yang harus kita lakukan demi mendapatkan tampilan web yang bisa nyaman dan menjadikan pengguna aplikasi kita tidak kebigungan, tidak kesusahan, dan yang terpenting betah.

Pada awalnya saya tidak pernah berfikir bahwa ada sub disiplin ilmu yang mempelajari tentang hal ini

Bagaimana pengguna masuk ke dalam aplikasi, dan bagaimana menggiring pengguna secara intuitif mengoperasikan aplikasi yang kita buat

Pada awalnya saya menganggap mendesign UI dapat dikerjakan oleh semua orang

Ternyata tidak. Seorang app developer ternyata masih membutuhkan bantuan orang lain dalam disiplin ilmu ini untuk bekerja sama.

Bahkan sebelum kita nyemplung ke kanvas. Untuk mendesgin tampilan UI. Kita butuh beberapa persiapan. Yaitu,

  • Competitive Research

Adalah dimana kita mencari tahu kelebihan dan kekurangan antara dua web.

Kita ambil contoh. Web Zalora dan Zara

Zalora
Zalora



Menurut saya keduanya adalah web dengan jenis tampilan yang berbeda

Zalora, mengedepankan tampilan yang bersfiat lebih fungsional. Dan straight to the point, apapun yang user butuhkan seperti kategori, produk dan lain sebagainya

Zara, adalah web yang sangat artistik dan memberikan kesan mewah tepat saat user pertama kali membuka web mereka. 

Kita akan menulis segala kelebihan itu dan menuliskan juga kekurangan dan kelebihannya

Agar tampilan UI ciptaan kita, bisa memaksimalkan kelebihan kelebihan yang diberikan terhadap kedua web tersebut

  • Survey User

Kita akan menggunakan Google Form untuk mengerti bagaimana kesan user saat menggunakan aplikasi kita, atau saat menggunakan aplikasi kompetitor kita. Terutama dalam segi bagaimana mereka mengaksesnya

Data data tersebut terdiri dari

Nama

Pekerjaan

Umur

Gender

Pain Points

Nama Aplikasi

Data data ini akan menentukan bagaimana kita menargetkan pengguna dan mengarahkan mereka dalam memakai aplikasi kita

Contohnya, jika kita menciptakan web tshirt distro, berarti kita membutuhkan data user berumur 18 sampai 23 tahun. Dan memperhatikan data data lain, agar bagaimana mereka nyaman mengggunakan aplikasi kita

Biasanya, anak muda lebih mengeluhkan tampilan aplikasi dengan warna yang membosankan dan font yang kaku. Hal itu biasa disebut pain points, atau keluhan keluhan pengguna yang nantinya kita akan benahi,

Comments

Video Baru!