Pemograman: Kuliah Tidak Menjadikan Anda Pandai Ngoding


Banyak diantara kita berfikiran bahwa kuliah merupakan jalan terbaik untuk menggapai kesuksesan karir maupun gengsi di hadapan teman teman. Lebih lebih kalau kita keterima di kampus negeri berkelas se-Indonesia, seperti UI, ITB, dan UGM. Orang tua akan bangga dan selalu menjadikan itu sebagai bahan pembicaraan dimana mana.

Namun, saya berani jamin dimana pun kita berkuliah, takkan pernah secara langsung meningkatkan keahlian kita dalam bidang bidang tertentu. Terutama jika kamu berkuliah di jurusan Teknik

Ibaratnya kuliah hanya mengajarkan rumus, konsep dan materi materi yang 'seharusnya' kamu mengerti selama menekuni jurusan yang kamu pilih. Selebihnya, dalam penerapan di dunia pekerjaan kamu sendiri yang menekuninya sampai benar benar bisa. 

Saya mengutip kata 'seharusnya' karena menurut saya hal hal yang diajarkan dosen pun takkan menganggu anda mempelajari bidang bidang yang ingin anda kuasai, terlebih jika kamu ingin cepat cepat menghasilkan uang dari bidang tersebut

Saat ini saya mengambil jurusan Teknik Informatika, disana saya diajarkan segala macam materi  berbau pemograman, namun hanya dari segi data struktur, algoritma, dsb.
Dosen sama sekali tidak pernah memberi tahu saya secara mendalam konsep konsep tersebut, kecuali saya sendiri yang harus menguliknya dengan browsing di internet. 

Tapi, apakah tanpa mempelajari hal hal semcam itu membuat saya sama sekali mampu dalam membuat sebuah program?. Tentu, tidak. Begitu pun kamu. Bahkan, kamu bisa mencari jalan kesuksesanmu sendiri tanpa bantuan dosen dosen tersebut, kecuali di saat bimbingan skripsi nanti, karena itu memang jalan satu satunya kamu harus lulus

Sehingga di hari pertama kamu berkuliah apalagi di jurusan Informatika jangan berharap kamu pasti bakalan bisa ngoding, membuat aplikasi android, menjadi freelance dengan cukup berdiam diri di rumah setelah lulus wisuda nanti. Sedangkan kamu hanya mengandalkan materi yang dosenmu ajarkan, tanpa mau browsing, cari cari kursus online, cari cari tutorial Youtube tentang pemograman

Yap, memang seperti itu dunia perkuliahan memang sebagai mahasiswa harus mau memutar otak dan mencari jalan lain untuk memuluskan trategi kita mencari jalan untuk karir pekerjaan yang kta dambakan.

Saya tidak mengatakan bahwa kuliah itu buruk dan tak penting, bagi saya kuliah penting sebagai standard normal di masyarakat seberapa jauh kita memperlajari sesuatu.

Namun, yang namanya standard masyarakat belum tentu baik. Sama halnya dengan standard cantik di Indonesia dengan di negara Eropa pasti berbeda. Di Indonesia, perempuan dikatakan cantik apabila ia tinggi, hidungnya mancung, dll. Namun bagi orang orang Eropa barang kali standard kecantikan adalah perempuan dengan kulit cokelat sawo matang, dan berambut pendek. Lihat, tak ada yang selalu benar dan sama. Begitu pula standard masyarakat bahwa orang yang pintar harus meraih sarjana atau kuliah setidaknya S1

Bagi, kamu yang saat ini tidak berkuliah pun, jangan pesimis. Dan kamu jangan terbuai dengan kata kata bahwa 'kuliah ga penting', kamu harus buktikan kata kata tersebut dengan keahlian yang kamu miliki, buktikan dengan keahlian mu bisa mengalahkan mereka-mereka yang berdasi dengan gelar berderet deret. Namun, jika keahlianmu pas pas saja, ya itu berarti kesalahanmu. Orang yang tidak kuliah maupun kuliah masing masing punya kesempatan menjadi sukses

Disini saya akan melihat apapun dunia perkuliah sebagai anak IT yang juga sama sama sedang berjuang menjadi programmer handal.

Kuliah adalah tempat bagi siapa pun. Mau yang dari sananya pintar, bodoh, kaya, miskin, sederhana, apapun latar belakang mu. Yang membedakan adalah peluang apa saja yang bisa kita manfaatkan. Yang awalnya kamu bodoh, karena berkuliah kamu bisa ketemu temen temen yang pintar sehingga kamu ikut ikutan kayak mereka. Namun, naasnya, kalau kamu kebetulan orang orang yang sama sama males dan bodohnya sepanjang 8 semester bisa saja kamu akan tetap sama seperti dirimu di hari pertama kuliah. Maka dari itu, beruntunglah kamu bisa kuliah di PTN, karena menurut saya disitulah orang orang cerdas nan pintar berkumpul dari seluruh Indonesia, kalau kamu ternyata lolos SNMPTN jangan kuatir dan minder kalo kamu melihat dirimu biasa biasa saja, karena seiring berjalannya waktu kamu akan menjumpau teman teman yang bisa mendorong mu sukses, kegiatan kegiatan seru untuk mengasah ilmu mu, dan ga pernah diledekin 'kutu buku' karena kamu suka belajar

Saya menyadari pertama kali saya masuk kuliah, saya sangat minim ilmu tentang pemograman. Saya bisa dibilang 'hanya pernah' ngoding, saya belum pernah menyelesaikan project besar, apalagi project yang menghasilkan bayaran. Yang saya tahu, kenapa saya mengambil jurusan Teknik Informatika karena saya suka ngoding. 

Alangkah baiknya, waktu mu yang biasanya digunakan untuk nongkrong digunakan untuk mengasah keahlian sesuai bidangmu atau hal hal yang amat kamu senangi. Jika kamu menyukai pemograman maka ikutilah kursus kursus online, bisa yang berbayar atau bisa juga cukup cari tutorial gratis di youtube. Gak akan ada lagi alasan gak bisa ngoding sampai lulus nanti.

Tekuni terus, suka atau tidak suka, disaat bosan atau tidak, disaat mood atau tidak mood. Setidaknya ngoding satu hal yang benar benar kamu pahami dalam sehari lalu commit ke github agar itu menjadi portfoliomu nanti. Terus lakukan itu

Sering sering baca artikel tentang pemograman, ikuti segala perkembangannya, dan join segala komunitas programmer, setidaknya kamu mempunyai jaringan untuk sekedar share seputar hobi atau bisa saja perkejaan.

Saat ini saya menggunakan platform Dicoding untuk menjawab segala kebutuhan saya di dunia pemograman digital. Disana banyak sekali kelas yang bisa saya ikuti, event, dan lowongan pekerjaan jika skill kamu sudah matang. 

Segala pelajaran yang disampaian di Dicoding ini benar benar bisa dipahami, semuanya dijabarkan berdasarkan konsep sehingga kamu gak bakalan bingung lagi ngoding kudu harus gimana.

Comments

Video Baru!