Penyebab IntellJ Tidak Mau Mengcompile Script Java


Di blog kali ini, gua bakal menjelaskan penyebab penyebab script Java ga berhasil  dikompile, di luar semua kesalahan kita saat ngoding, kalo kalian ngoding masih salah salah, dan typo. Mending nyadar diri geh.


Gua mengenal IntellJ baru semenjak gua mengikuti kursus online di Dicoding. Sebagai programmer amatir yang menjajal semua bahasa pemograman di notepad++, menggunakan IntellJ memberikan dampak culture shock yang luar biasa. Ada beberapa tool/fitur yang agak familiar, karena IntellJ menurut gua gak jauh beda seperti Eclipse.

Sewaktu, kalian menjalankan IntellJ mungkin kalian mengalami kendala. Yaitu, banyak pesan error atau terjadi error saat mengkompile. Tenang, kalo ini bukan disebabkan typo atau lupa memberikan semi-colom (atau apalah itu, titik koma), maka ada yang salah pada konfigurasi Java SDK kalian

Ibaratnya nih, IntellJ adalah seorang manusia. Sebagai layaknya manusia normal, maka manusia yang bernama IntellJ ini harus menguasai bahasa untuk berkomunikasi. Nah, maka kita harus mengajari manusia ini bahasa yang membantunya menyelesaikan masalah sehari hari, contohnya adalah meminta seseorang untuk membuatkan kopi.

Kebetulan di sekitar IntellJ hanya ada orang Jawa. Maka mau ga mau, IntellJ haru belajar bahasa jawa, atau kita akan menyebutnya sebagai Bahasa Java.

"Eh, kan aku udah instal Java DK di laptop"

Ya, gua juga sudah. Tapi, JDK yang kita gunakan udah bapuk, udah usang, karena gak pernah diupdate. Ya kurang lebih, kayak orang jawa yag udah lama tinggal di Jakarta, sewaktu dia balik ke kampung halamannya, dia kaku ngomong pake bahasa jawa, malah cenderung suka ngomong elu-gua. Tambah kagok untuk berkomunikasi. Maka dari itu, butuh penyesuaian yang baik bagi orang tersebut agar bisa berbicara layaknya orang jawa. Kita update dengan kosa kata baru, aksen baru, ungkapan baru, dsb.

Untuk mengupdate JDK, maka kalian bisa search Java di menu Start. Lalu pilih, Configure Java

Terus klik Update Java. Dan ikuti perintah perintah selanjutnya sampe Java bapuk sudah terupdate

Nah kalo sudah. Sekarang buka IntellJ kalian, lalu pilih tab File, Other Setting, Default Project Structure

 Lalu, kalian pilih folder yang mengandung ekstraksi Java kalian. Nah, disitu. Lalu, klik OK

Dan IntellJ pun sekarang bisa memerintah orang orang jawa disekitarnya untuk membuat kopi. Terima Kasih

Comments

Video Baru!