Informatika, Laptop, Kuliah bakal ngapain aja


Alhamdulilah tahun ini gua akan menjadi seorang mahasiswa. Mahasiswa baru.

Gua masih membayangkan bahwa menjadi mahasiswa berarti menjadi seseorang yang harus gaul sama teman teman sejurusan atau -setidaknya sekelas. Kelemahan gua adalah suka memilih milih teman. Atau mempunyai teman sampe dia ngerti dengan cara  berteman gua. Complicated sih. Tapi, gua mencoba merubah. Setidaknya ini adalah hal terpenting yang harus menjadi bekal gua.

Jurusan yang gua ambil selama (Amin) empat tahun kedepam adalah Informatika. Gua belajar sesuatu selain karena suka juga karena gua meyakini ini adalah ilmu yang masa depan minta. Maksudnya gimana si?, maksudnya gua merasa di masa depan ilmu ini bakalan diperlukan banget.

Sedangkan Ilmu Inforamatik gak cuma terpaku dalam satu bidang saja. Ada banyak sekali. Kalo gua memilih untuk menekuni Teknik Jaringan dan Rekayasa Perangkat Lunak. 

Biasanya orang orang suka masuk Teknik Informatika karena dia suka banget ngotak ngatik komputer, padahal enggak. Sehingga ketika mereka sudah terlanjur masuk ironinya mereka akan merasa salah jurusan. Hehe, padahal ada beberapa modal yang harus dikuasai oleh para teknisi informatika ini seperi matermatika dan logika

Gua akhir akhir ini juga sedang memperbaiki kemampuan bermatematika gua (bermatematika berbeda dengan berhitung. Ingat), dengan cara gua ikutan les online dan nonton video essay tentang ilmu komputer di Youtube

Tapi kalo misalkan gua ditanya tentang apa subjek kesukaan gua dalam belajar. Gua ga bisa jawab, gua suka ilmu komputer. Kenapa? karena banyak banget hal yang gua suka pelajar. Kadang, sampe bingung mau belajar yang mana.  Gua suka Ilmu Komputer, Filsafat, Seni, Filmmaking, Psikologi, dsb

Menurut lu mungkin demikian bagus. padahal enggak selamanya
Justru gua menganggapnya sebagai bencana, karena gua ga bisa fokus dalam satu bidang yang bener bener gua perlukan. Sehingga meskipun gua bisa di segala bidang, tapi kemampuan gua di tiap tiap bidang itu biasa biasa aja. rata rata. Dan itu gak akan berguna seandainya gua ikut dalam suatu komunitas atau dalam sebuah industri pekerjaan

Ngomongin tentang kuliah ni. Gua ngerasa bahawa IPK ga penting. Alasannya, karena IPK gak menentukan kemampuan. Klise ya?, tapi memang begitu kenyataanya.  Hal yang paling gua incar selama kuliah nantinya, justru Perlombaa, Study Exchange dan mungkin kalo gua longgar gua bisa ikutan Google Schoolar. Amin.  Karena gua merasa hal hal itu bisa memberikan jaringan yang bagus buat gua

Organisasi? Hmmm. Mikir mikir dulu deh. Soalnya gua ga cuma aktif di kuliah aja. Di luar kuliah, gua juga tetep punya kewajiban ngajar ngaji. Nggugurin kewajiban menyampaikan ilmu lah. Biar gak kenaan dalil.

Kalo ngeliat laptop. Jujur sebenarnya gua minder banget. Soalnya laptop ini udah uzur dan sudah sekitar enam tahun gua menghabiskan suka duka gua. Sejak gua bikin panel persentasi waktu SMP sampe gua aktif berorganisasi sebagai Sekretaris di ketika SMK. Laptop ini ibarat adek gua sendiri. 

Layaknya seorang adek. Gua juga gak tega kalo gua sampe meninggalkannya. Gak ada yang ngerawat, gak ada yang ngemainin. Mungkin cara satu satunya adalah dengan cara gua manfaatkan sebagai device untuk penetration test. Yah, mungkin itu untuk satu tahun kedepan. ketika gua sudah menemukan laptop yang layak untuk menyelesaikan tugas kuliah gua




Comments

Video Baru!